Sunday 24 February 2019

SPEMUDA Kembali Raih Juara di POPDA Kabupaten Kebumen 2019





POPDA adalah Pekan Olahraga Pelajar Daerah yang digelar setiap tahun di seluruh Indonesia oleh masing-masing pemerintah daerah. Tak mau ketinggalan, Pemerintah Daerah Kabupaten Kebumen pun selalu menggelar kegiatan olahraga ini. DISPORAWISATA Kabupaten Kebumen, sebagai pelaksana kegiatan ini, menyampaiakan bahwa tujuan diadakannya Pekan Olahraga Pelajar Daerah yaitu untuk menjaring atlet-atlet muda berbakat di Kebumen. Oleh karena itulah, dalam event ini, SMP Muhammadiyah 2 Kebumen tidak ingin menyia-nyiakan kesempatan untuk unjuk kebolehan. Hal yang luar biasa lagi adalah beberapa cabang lomba ini berhasil dimenangkan oleh para atlet dari SMP Muhammadiyah 2 Kebumen.

Menurut Bapak Ikhwan Bayu Hardi, S.Pd., bahwa cabang olahraga yang dilombakan dalam POPDA 2019 Kabupaten Kebumen sangatlah beragam, di antaranya: atletik, sepak bola,  bola volley, pencak silat, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja, renang, tenis lapangan, senam lantai, panahan, basket, bola tangan, futsal, judo, catur, dan taekwondo. Dari sekian banyak cabang lomba, SPEMUDA mengirimkan 12 cabang lomba, yaitu: sepak bola, bola volley, pencak silat, sepak takraw, bulutangkis, tenis meja, atletik, renang, basket futsal, catur, dan taekwondo.

POPDA 2019 Kabupaten Kebumen ini dibuka pada 8 Februari 2019 di Stadion Candradimuka, Kebumen, sedangkan pelaksanaannya pada 11 Februari s.d. 22 Februari 2019. Kegiatan ini dilaksanankan di Gedung Olahraga, STADION, dan lapangan-lapangan olahraga yang ada di Kebumen. Karena eventnya adalah Pekan Olahraga Pelajar Daerah, para peserta yang terlibat di dalamnya adalah seluruh pelajar di Kabupaten Kebumen dari seluruh satuan tingkat pendidikan, SD, SMP, dan SMK.

Prestasi yang diraih oleh para atlet muda SMP Muhammadiyah dalam POPDA 2019 Kabupaten Kebumen terbilang memuaskan. Di cabang Bola Basket, Helfin Kurniawan yang terpilih sebagai atlet perwakilan subrayon 02 mampu  meraih juara satu. Dia pun menjadi tim inti Kabupaten Kebumen untuk maju di tingkat Karesidenan Kedu. Di tingkat Kedu, atlet muda bertubuh tinggi ini mampu meraih juara ke-3. Sebuah prestasi yang membanggakan. Adapun di cabang Sepak Bola, SMP Muhammadiyah 2 mengirimkan 2 atlet sebagai perwakilan subrayon 02 dan mampu mendapatkan juara 3, atas nama Zaki Nofal dan Ulul Azmi.

Di cabang atletik (lari, lompat, tolak, lempar ), SMP Muhammadiyah 2 mengirimkan 6 atlet dan mendapatkan tiga nomor lomba, sekaligus mampu meraih tiga juara. Di cabang lari 100 meter putra,  SMP Muhamadiyah 2 mampu meraih juara ke-2 atas nama M. Iqbal kelas 9 F. Dia pun menjadi perwakilan Kabupaten untuk maju ke tingkat provinsi dalam cabang lari 100 m dan lari estafet. Di cabang lari 200 meter putra,  SMP Muhamadiyah 2 mampu meraih juara ke-3 atas nama Ulul Fadli.

Selain itu, dalam cabang lomba lempar cakram putra, atas nama Manarul Anwar Hidayat kelas 8A, mampu meraih juara ke-3. Di cabang renang, SMP Muhammadiyah 2 Kebumen mengirimkan 2 atlet renang putra dan putri. Di nomor lomba 200 meter gaya dada putri, atas nama Nasywa Allea Zahra kelas 7 F, mendapatkan juara ke-2. Dia juga mendapatkan juara ke-3 dalam renang 100 meter putri.

Menurut pelatih, perolehan prestasi yang gemilang tersebut tidak didapat dengan serta-merta. diperlukan persiapan yang matang untuk menghadapinya, antara lain: berlatih dengan serius dan disiplin, kesehatan harus selalu terjaga, dan pemberian motivasi bagi para atlet. Untuk event selanjutnya pelatih sangat berharap agar para atlet ini terus meningkatkan prestasi agar diperoleh juara yang  lebih baik lagi.

Selain itu, mengingat begitu banyak prestasi yang diraih, pemberian beasiswa yang sepadan sebagai wujud perhatian yang sungguh-sungguh dari pemerintah atau sekolah untuk para atlet sangat diharapkan oleh pelatih.