Tuesday 31 January 2023

KEGIATAN PENYULUHAN GIZI ( CEGAH STUNTING ) DAN PEMERIKSAAN HB

 


Pada hari Selasa, 31 Januari 2023 telah terlaksana kegiatan Penyuluhan Gizi dan Pemeriksaan Hb yang diprogramkan oleh Puskesmas Kebumen 1  berkolaborasi dengan SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. Adapun kegiatan tersebut dilaksanakan di sekolah SMP Muhammadiyah 2 Kebumen dari pukul 08.30 WIB sampai dengan 11.00 WIB. Peserta yang mengikuti yaitu seluruh siswa putri kelas 7 SMP Muhammadiyah 2 Kebumen. Kegiatan diawali dengan seremonial, sambutan dari Kepala Sekolah dan Kepala Kantor Puskesmas Kebumen 1 , dilanjutkan dengan penyuluhan gizi berkaitan dengan cegah stunting.



Banyak informasi yang baru dan tentunya bermanfaat bagi siswa putri sebagai generasi yang melangsungkan generasi bangsa ini. Selain  itu, kegiatan ini menjadi pendidikan awal sebagai remaja putri dalam menyambut pubertas diri. Setelah kegiatan penyuluhan selesai dilanjutkan dengan sarapan sehat bersama dan minum obat tablet tambah darah yang telah disediakan oleh Puskesmas Kebumen 1 .. Gong dari kegiatan tersebut yaitu pemeriksaan Hb  yang bertujuan untuk mengetahui status kesehatan siswa sebagai salah satu upaya deteksi dini jika siswa memiliki masalah kesehatan khususnya dalam mencegah penyakit anemia.


Statement dari salah satu siswa putri SMP Muhammadiyah 2 Kebumen yang bernama Niessa Ardelia Putri bahwa kegiatan ini dirasa sangat bermanfaat dan dapat meningkatkan pengetahuan berkaitan dengan  stunting.